Wednesday 25 January 2017

10 Cara Sederhana yang dapat Membuktikan Bahwa Bumi Tidak Datar

Ilmu pengetahuan memang akan selalu berkembang. Tentu saja ini hal yang pasti dan tidak diragukan lagi. Meskipun begitu banyak fakta dasar yang masih dipertahankan setelah ratusan maupun ribuan tahun lalu karena kebenarannya. Contohnya saja teori gravitasi Newton, hukum relativitas dll, mungkin saja teori tersebut bisa kurang tepat. Apalagi jika ada penelitian lebih baru yang dapat membantahnya.
Di Indonesia sekarang banyak perdebatan mengenai bentuk bumi yang sebenarnya sudah disepakati bentuknya sekitar 500 tahun yang lalu. Hal ini tentu saja bagus karena  dapat merangsang dan memacu pikiran kita terhadap sesuatu yang sudah pasti. Tentu saja kita harus belajar dan mempertanyakan lagi benarkah bumi itu bulat? Kenapa tidak datar dsb nya. Oleh karena itu penggagas akan berusaha memberi informasi mengenai bukti-bukti ilmiah bahwa bumi itu tidak datar.
Berikut ini 10 faktanya

1. Bulan

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa bulan itu berbentuk bulat. Bulan akan tampak berubah-ubah dari bulan sabit, bulan purnama hingga kembali menjadi sabit lagi apabila dilihat dari bumi. Bahkan prediksi pemberian tanggal berdasarkan bulan juga sangat akurat. Hal ini berarti bulan berputar pada orbit yang jelas.
Hal ini cukup menjadi misteri bagi orang-orang Yunani kuno, mereka juga melakukan pengamatan mendalam terhadap bulan untuk mengetahui bentuk dari planet kita. Aristoteles (yang membuat cukup banyak pengamatan tentang sifat bola bumi) melihat bahwa selama gerhana bulan (ketika posisi bumi berada diantara Matahari dan Bulan, akan menciptakan bayangan dalam prosesnya), bayangan di permukaan Bulan adalah bulat. bayangan ini adalah Bumi, dan itu adalah bukti besar pada bahwa bumi memliki bentuk spheric bola.
Gambar diatas menunjukkan serangkaian foto dari gerhana bulan yang terjadi pada 15 April 2014. Anda dapat melihat bayangan bumi melintasi permukaan Bulan, dan bentuk bayangannya adalah melengkung karena bumi adalah bulat.
Karena bumi berputar (lihat eksperimen “Foucault Pendulum” untuk bukti yang pasti, jika teman-teman masih ragu-ragu), bentuk bayangan yang konsisten oval yang dihasilkan di setiap gerhana bulan membuktikan bahwa bumi ini tidak hanya bulat tapi berbentuk seperti bola yang agak lonjong.

2. Munculnya Kapal dari Horizon

Jika Anda sudah pernah pergi ke pelabuhan, atau hanya berjalan menyusuri pantai dan memandangi cakrawala, teman-teman mungkin melihat fenomena yang sangat menarik: saat kapal mendekat, kapal tersebut tidak hanya “muncul” dari cakrawala ( seperti mereka harus memiliki jika dunia itu datar), melainkan muncul seakan-akan dari bawah laut.
Tetapi aslinya kapal tersebut sama sekali tidak tenggelam dan tiba-tiba muncul (kecuali dalam “Pirates of the Caribbean” yang notabenenya adalah film fiktif!!!). Alasan kapal-kapal tersebut tampak seolah-olah mereka “muncul dari bawah laut” adalah karena dunia tidak datar alias bulat (spheric) atau bola yang tidak sempurna.

http://www.penggagas.com/10-cara-sederhana-yang-dapat-membuktikan-bahwa-bumi-tidak-datar/

Artikel Terkait